Tangkal Berita Hoaks Kuansing Akan Jalin MoU  Dengan Tim Jabar Saber Hoaks

Tangkal Berita Hoaks Kuansing Akan Jalin MoU  Dengan Tim Jabar Saber Hoaks
Tangkal Berita Hoaks Kuansing Akan Jalin MoU  Dengan Tim Jabar Saber Hoaks

KUANSING - Dalam rangka menangkal maraknya berita Hoaks yang terjadi,  tahun 2024 mendatang Dinas Kominfos Kuansing di jadwalkan akan menjalin MoU dengan Tim Jabar Saber Hoaks di bawah Komando Dinas Kominfo Provinsi Jawa Barat. 

Siti Masliah Hayati, S. Ikom, Ketua Tim Monitoring Opini dan Aspirasi Publik Dinas Kominfo Jawa Barat, mengaku siap membantu Pemkab Kuansing dalam menangkal berita Hoaks yang mungkin kerab terjadi, ujar Pejabat Fungsional Dinas Kominfo Jabar itu. 

Hal itu di sampaikan Siti Masliah, kepada Kabid Komunikasi Dinas Kominfo Kuansing, Hevi Heri Antoni, S. Sos, MSi di sela mengikuti Sosialisasi Nasional Dirjen PPA Kementrian Kominfo, Kamis 14/12/23 di Bandung. 

Menurut Siti Musliah Hayati, Jabar Sapu Bersih Hoaks atau Jabar Saber Hoaks ( JSH) telah hadir sejak Desember 2018 lalu, pada masa Periode Gubernur Ridwan Kamil. Jabar Saber Hoaks ini awalnya brrfokus untuk menangani Hoaks dan meningkatkan Literasi Digital di Provinsi Jawa Barat, ujar Siti Masliah. 

Sejak hadir Jabar Saber Hoaks sudah menerima 15 ribu aduan atau pantauan di media sosial. Dan sejak tahun 2021, Jabar Saber Hoaks telah di reflikasi oleh 25 kabupaten/kota Se Jabar, dan telah melakukan kerjasama atau Komitmen Bersama penanganan Hoaks dengan Provinsi lain seperti DKI Jakarta, Kalimantan Barat dan Kota Kupang. 

Maka tidak tertutup kemungkinan, jika Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau akan menjalin kerjasama dengan Kominfo Jawa Barat, pungkas Siti Masliah. 

Pihaknya akan menyambut baik, apalagi Jabar juga rutin melakukan pelatihan Cek Fakta Mandiri pada berbagai lapisan masyarakat. Dengan harapan semakin banyak orang yang mengerti berita Hoaks, akan menjadikan masyarakat lebih cerdas menggunakan media digital, imbuhnya. 

Pihaknya sangat siap, jika Kominfo Kuansing menjalin kerjasama dalam penanganan berita Hoaks ini, tutupnya. 

Sementara Kabid Komunikasi Dinas Kominfo Kuansing, Hevi Heri Antoni berujar akan segera membicarakan peluang kerjasama ini, dengan pimpinan nya di daerah, tutupnya.

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index